6 Cara Mengatasi Keputihan pada Miss V secara Alami

cara mengatasi keputihan
6 Cara Mengatasi Keputihan pada Miss V secara Alami. Sumber: morulaivf.co.id

Halo Bro n Sis! Siapa yang pernah mengalami keputihan? Keputihan adalah salah satu masalah yang sering dialami sama wanita, mulai dari remaja sampai yang sudah dewasa. Saat wanita mengalami keputihan, rasanya jadi kurang nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Makanya, banyak orang yang mencari cara mengatasi keputihan yang mudah.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Cairan yang keluar ini memang normal, tapi kadang juga bisa jadi tanda ada yang enggak beres di tubuh kalian. Nah, untuk mengetahui jenis keputihan yang normal atau enggak serta cara mengatasi keputihan, kalian bisa baca artikel ini sampai selesai, Bro n Sis.

Di artikel ini, akan membahas tuntas cara mengatasi keputihan dengan bahan-bahan alami yang gampang ditemukan di rumah. Jadi, siap untuk lebih peduli dengan kesehatan reproduksi kamu? Yuk, scroll artikelnya terus!

Penyebab Keputihan

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina sebagai cara alami tubuh membersihkan Miss V. Hal ini normal terjadi tetapi bisa jadi masalah jika keputihan sudah mulai enggak nyaman atau keluar dengan bau yang enggak sedap. Keputihan yang berlebihan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang simpel sampai yang serius.

Penyebab umum keputihan bisa dari infeksi bakteri dan jamur seperti vaginosis bakterialis (BV). Infeksi jamur seperti kandidiasis bisa bikin keputihan jadi berlebihan, berbau enggak sedap, dan berubah warna. Selain mengetahui cara mengatasi keputihan, kalian juga harus tahu cara menghilangkan bau vagina. Karena, kebersihan yang buruk juga memengaruhi kondisi kesehatan kelamin wanita dengan mengeluarkan bau dan keputihan yang berlebihan. Selain itu, faktor hormonal dan tingkat stres juga berpengaruh.

Seperti yang kita semua tahu, hormon wanita mudah naik-turun tergantung dengan siklusnya, apakah ia sedang dalam siklus ovulasi, menstruasi, atau memasuki fase menopause. Siklus dan perubahan hormon ini jelas berpengaruh pada keputihan dan berakibat pula pada perubahan mood hingga kemunculan stres.

Begitu juga dengan pola makan yang enggak seimbang dan kurang nutrisi tertentu, bisa menyebabkan keputihan berlebih. Misalnya, kurangnya asupan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh kalian. Makanya, penting untuk selalu mendapatkan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan harian, ya, Bro n Sis.

Cara Mengatasi Keputihan dengan Bahan Alami

Oke, Bro n Sis, sekarang saatnya kita bahas solusi alami untuk mengatasi keputihan. Bahan-bahan alami ini enggak cuma mudah didapat, tapi juga aman dan efektif untuk mengatasi keputihan. Yuk, kita cek satu-satu!

1. Teh Jambu Biji

Teh jambu biji terkenal banget sebagai obat alami untuk mengatasi keputihan. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang bisa membantu meredakan keputihan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur.

Cara Membuat dan Menggunakan teh jambu biji:

  • Bahan: 30 gram daun jambu biji, 1 liter air.
  • Cara: Didihkan air, masukkan daun jambu biji, rendam selama 3-5 menit. Saring dan gunakan airnya untuk mandi air hangat, sambil membersihkan area kewanitaan. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

2. Bawang Putih

Bawang putih punya sifat antibakteri, anti jamur, dan antivirus yang bisa menangkal jamur penyebab keputihan. Bahan dapur yang satu ini bisa jadi solusi alami buat kamu yang mengalami keputihan karena infeksi jamur atau bakteri.

Tapi perlu kalian ketahui bahwa belum ada penelitian yang menguji kebenaran dari efektivitas bawang putih sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan.

Cara Membuat dan Mengonsumsi bawang putih:

  • Bahan: 1 siung bawang putih, 1 cangkir air mendidih.
  • Cara: Hancurkan atau potong dadu bawang putih, tambahkan ke air mendidih, dan rebus selama 5-10 menit. Minum selagi hangat dua kali sehari. Untuk meningkatkan rasa, kamu bisa tambahkan jahe parut, tetes lemon, atau satu sendok teh madu.

3. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh atau tea tree oil mengandung senyawa terpinen-4-ol yang bisa membunuh bakteri, virus dan jamur dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam tubuh. Tea tree oil adalah obat luar yang enggak untuk diminum ya, Bro n Sis.

Cara Mengaplikasikan tea tree oil:

  • Bahan: 5-10 tetes minyak pohon teh, minyak almond manis atau minyak kelapa.
  • Cara: Campurkan minyak pohon teh dengan minyak pembawa, rendam tisu basah bayi atau kain kasa dalam campuran ini, lalu oleskan ke bagian luar vagina. Ini bisa meredakan gejala keputihan.

Tapi, harus diingat bahwa tea tree oil bisa menimbulkan efek samping berupa perih, gatal sampai muncul ruam. Kalau kulit kalian sensitif dan ragu untuk menggunakannya, lebih baik dihindari ya. Jika tanda-tanda ini muncul, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Biji Fenugreek

Biji fenugreek juga dikenal dengan kelabat, yang berfungsi sebagai obat alami yang bisa membantu mengatasi keputihan. Biji ini bisa membantu mengembalikan keseimbangan hormon dan mengurangi gejala keputihan.

Kalian bias merebus biji fenugreek dalam 500 ml air hingga airnya tinggal setengah. Minum air tersebut setelah dingin. Lalu lakukan secara rutin.

5. Plain Yoghurt

Plain yoghurt mengandung probiotik yang tinggi, yang bisa membantu menjaga keseimbangan pH dan flora normal di area kewanitaan. Probiotik ini membantu memulihkan area yang terinfeksi dan membuat lingkungan vagina jadi tidak ramah untuk patogen.

Cara mengonsumsinya, kalian bisa memilih yoghurt tanpa pemanis, dan konsumsi secara rutin.

6. Cranberry

Cranberry punya kandungan antibiotik, anti jamur, dan antioksidan yang bisa mencegah bakteri menempel ke dinding vagina dan mengatasi keputihan.

Dengan meminum satu gelas jus cranberry tanpa gula, sebanyak 2-3 kali sehari hingga masalah keputihan hilang.

Tapi ingat ya, kalau keputihanmu enggak kunjung hilang atau makin parah, sebaiknya konsultasi ke dokter. Selanjutnya, kita bakal bahas cara mencegah keputihan biar enggak balik lagi.

Tips Mencegah Keputihan

Selain mengatur pola makan, ada beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah keputihan dengan beberapa cara di bawah ini,

1. Jaga Kebersihan Pribadi

Bersihkan area kewanitaan dengan benar, gunakan air hangat dan hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia keras. Selalu keringkan dengan handuk bersih dan lembut.

2. Pilih Pakaian yang Tepat

Gunakan pakaian dalam dari bahan katun yang bisa menyerap keringat dan memberikan aliran udara yang baik. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan segera ganti pakaian setelah berolahraga atau berenang.

3. Kelola Stres

Stres bisa memengaruhi kesehatan seseorang, termasuk produksi keputihan. Cobalah untuk rileks dan lakukan aktivitas yang bisa mengurangi stres seperti yoga, meditasi, atau hobi yang kamu sukai.

4. Tetap Terhidrasi

Cukupi kebutuhan mineral kalian dengan meminum air yang cukup setiap harinya, sekitar 2 lt atau setara dengan 8 gelas. Minum banyak air setiap hari untuk membantu tubuh mengeluarkan racun dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Gula yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan jamur yang menyebabkan keputihan. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis.

6. Hindari Douching

Douching atau membersihkan bagian dalam vagina dengan air atau larutan bisa mengganggu keseimbangan pH dan flora normal, serta memperburuk infeksi keputihan. Jadi, harus dihindari ya. Lebih baik kalian rajin membersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir, karena itu saja sudah cukup.

7. Gunakan Pelindung saat Berhubungan Seks

Menggunakan kondom bisa membantu menjaga keseimbangan pH vagina dan mencegah infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan keputihan. Selain itu, penggunaan kondom bisa melindungi kamu dan pasangan dari infeksi menular seksual (IMS).

Kesimpulan

Bro n Sis, kita sudah bahas banyak banget tentang cara mengatasi keputihan dengan bahan alami dan cara mencegahnya biar enggak balik lagi. Dari penggunaan teh jambu biji, bawang putih, tea tree oil, hingga konsumsi makanan yang tepat, semuanya bisa jadi solusi alami yang aman dan efektif buat kamu coba di rumah.

Keputihan memang hal yang normal terjadi, tapi kita perlu waspada kalau keputihan itu berlebihan, berubah warna, berbau enggak sedap, atau bikin gatal dan nyeri. Kalau kamu mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu buat konsultasi ke dokter ya. Ingat, menjaga kebersihan dan keseimbangan pH di area kewanitaan itu penting banget.

Mencegah keputihan juga enggak kalah penting. Mulai dari menjaga kebersihan pribadi, memilih pakaian yang tepat, mengelola stres, sampai mengatur pola makan yang sehat, semuanya berperan besar dalam menjaga kesehatan vagina. Dengan tips-tips ini, kita bisa mencegah keputihan berlebihan dan menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Jadi, Bro n Sis, jangan anggap remeh masalah keputihan ya. Yuk, jaga kesehatan kita dengan baik, karena kesehatan adalah aset paling berharga. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, tetap sehat dan semangat!

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *